Langkah Kecil Bagi Jakarta Bersih

Di usianya yang muda, sebuah komunitas bernama Jakarta Osoji Club berdiri melawan arus apatisme yang menjalar, dan menyadarkan masyarakat bahwa menjaga kebersihan Jakarta adalah tugas setiap orang. Minggu pagi yang cerah. Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan ramai dijajaki banyak orang dari segala usia. Tetapi, serombongan orang berkaus hijau yang perlahan datang menarik perhatian. Dilengkapi dengan aksesori lainnya seperti topi, sarung tangan, serta alat penjepit sampah, rombongan tersebut memasuki area GBK. Jelang beberapa menit setelahnya, mereka berpencar.

Ada yang memunguti botol air mineral yang berserakan, ada yang membersihkan area dari puntung rokok yang dibuang sembarang oleh pemiliknya, ada pula yang sekadar memungut lalu memisahkan sampah berdasarkan jenisnya. Rombongan orang berseragam hijau lengkap dengan properti “bersih-bersih” inilah yang kemudian dikenal sebagai sebuah komunitas bernama Jakarta Osoji Club. Diselenggarakan pertama kali pada tanggal 29 April 2012, aktivitas ini lantas menjadi agenda rutin yang dilaksanakan selama dua minggu sekali.

Bertambahnya jumlah anggota JOC dari waktu ke waktu membuktikan bahwa masih banyak orang yang peduli dan berani bertindak secara nyata untuk mewujudkan ”Jakarta Bersih”. Berbekal sarung tangan, penjepit sampah, serta kemauan dan semangat, siapa pun dapat langsung menjadi anggota JOC dengan turut menjaga kebersihan pelataran GBK.

BERAWAL DARI TULISAN

Tidak ada yang menyangka bahwa sebuah tulisan dapat menggugah nurani banyak orang. Berawal dari sebuah artikel bertajuk Flame Tree yang diterbitkan oleh sebuah koran berbahasa Jepang di ibukota bernama Jakarta Shinbun, Ashida San pun menuangkan pemikirannya. Kepeduliannya terhadap “Jakarta Bersih” membuatnya sekaligus mengajak pembaca untuk ikut serta turun tangan. Nomor telepon serta alamat email lantas dicantumkannya, agar kelak orang-orang yang sepaham dengannya dapat dengan mudah menghubunginya.

Agar jakarta sehat memang seharusnya kebersihan di setiap sudut kota Jakarta sendiri. Untuk itulah diperlukan semua tangan dari masyarakat Jakarta dan Kesadarannya. Disamping itu untuk membantu menjaga kenyamanan di dalam rumah ataupun kantor di Jakarta perlu adanya sebuah genset. Harga genset yang murah bisa didapatkan melalui Distributor resmi jual genset silent di Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *